Iklan sponsor

Senin, 30 Mei 2011

SENSOR GARIS

DESKRIPSI

Sensor garis atau proxymity sensor adalah sensor yang berfungsi mendeteksi warna gelap atau warna terang, dimana warna gelap atau terang tersebut terdeteksi akibat pantulan cahaya lampu ( biasanya menggunakan lampu LED ) yang terdapat pada sensor.


Lihat gambar ( klik untuk memperbesar )

Dari gambar di atas dapat kita simpulkan jika pantulan cahaya mengenai bagian yang berwarna gelap maka pantulan cahaya akan sedikit begitu juga sebaliknya jika pantulan cahaya mengenai bagian warna terang pantulan cahaya akan semakin banyak terdeteksi oleh sensor. Sensor garis tidak harus selalu menggunakan warna hitam dan putih untuk mendeteksi adanya suatu garis pada sensor, tetapi warna lain pun bisa digunakan asalkan nilainya dapat dibedakan oleh sensor.

KOMPONEN SENSOR
Sensor garis bisa dibuat dari berbagai macam komponen antara lain :
  • Paduan dari LED ultra bright dan LDR , dimana LED berfungsi sebagai Tx dan LDR berfungsi sebagai Rx. Jenis sensor dengan paduan ini dapat di atur untuk mendapatkan intensitas yang tepat dengan menambahkan potensio meter / trimpot ( resistor geser ).
Gambar komponen potensio meter


Gambar LDR

Gambar LED ultra bright

image by ( indonetwork.co.id )

Berikut ini gambar rangkaian sensor garis dengan menggunakan komponen LED dan LDR :
image by ( http://mcafif.files.wordpress.com/2008/06/gambar-rangkaian-sensor-dengan-menngunakan-ldr1.jpg )

Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah jika pantulan cahaya LED mengenai bagian yang berwarna terang, maka intensitas cahaya yang masuk ke LDR (R2) akan tinggi dan resistan ( hambatan menjadi rendah ) akibatnya V0 akan mempunyai tegangan yang tinggi sehingga nilainya menjadi aktif, begitu pun sebaliknya jika pantulan cahaya LED mengenai bagian yang berwarna gelap, maka nilainya menjadi pasif.
  • Jenis yang kedua adalah paduan dari IR LED dan Phototransistor, dimana IR LED berfungsi sebagai Tx dan Phototransistor sebagai Rx. Bila garis terang maka sinyal LED dapat dipantulkan Transistor menjadi aktif sehingga output mempunyai tegangan rendah (mendekati 0 Volt/ pasif) Sebaliknya output menjadi tinggi (mendekati 5 V/ aktif).
Lihat gambar beriku ini.











6 komentar:

xave mengatakan...

permisi numpang lewat,
emm, emang ni bener gitu ya?
"SENSOR GARIS ATAU PROXYMITY SENSOR adalah sensor yang berfungsi mendeteksi warna gelap atau warna terang, dimana warna gelap atau terang tersebut terdeteksi akibat pantulan cahaya lampu ( biasanya menggunakan lampu LED ) yang terdapat pada sensor"
setau saya, sensor Proximity adalah sensor yang dapat mendeteksi keberadaan suatu obyek di dekat sensor yg bersangkutan tanpa melalui kontak fisik, jadi saya kurang setuju kalo sensor garis serta merta di sebut sama dengan sensor garis.
memang sensor proximity punya beberapa klasifikasi lagi, antara lain: sensor kapasitiv, induktif dan photoelectric. nah, kalo menurut saya, sensor garis ini masuk ke "salah satu" jenis proximity sensor, yaitu photoelectric sensor. mnurut sy sprti itu, ada tanggapan?

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai sensor garis, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1327/1/21107264.pdf
trimakasih

aizat mengatakan...

maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang Sensor cahaya
berikut linknya :
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1328/1/21107407.pdf
semoga bermanfaat :)

Unknown mengatakan...

saya pengn tau, nama lengkap penulis artikel ini siapa ya? mau saya jadikan referensi laporan saya.
Terima kasih ^^

cengfarid mengatakan...

nama lengkap saya muhammad ambar farid mas, mudah-mudahan tulisan saya bermanfaat yah

cengfarid mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.