Iklan sponsor

Rabu, 26 November 2008

sensor hujan



























PENJELASAN
Perangakat sensor hujan di atas bisa diaplikasi menjadi beberapa perangkat yang mungkin akan sangat berguna pada saat musim hujan. Misalnya dibuat menjadi alat jemuran yang akan otomatis menutup pada saat hujan turun, atau digunakan pada jendela otomatis. Namun rancangan yang ada saat ini saya gunakan untuk membuat jemuran, yang mana pada jemuran tersebut akan secara otomatis menutup pada saat hujan turun.
Berikut ini akan dijelaskan prinsip kerja dari pada sensor hujan di atas.
Pada rankaian panel sensor yang ditandai dengan nomor 1, panel ini sebenarnya terpisah dengan board PCB utama begitu pula dengan motor,magnet sensor. panel sensor hujan ini akan dipasang di area terbuka, dimana air hujan akan mengenai board panel tersebut. panel ini terbuat dari board PCB biasa yang dibuat menjadi sebuah rangkaian seperti yang ada di atas. Untuk menghindari karat karena air hujan sebaiknya tembaga dilapisi oleh timah.
Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah, dimana pada saat air hujan mengenai panel sensor, maka akan terjadi proses elektrolisasi oleh air hujan tersebut karena air hujan termasuk kedalam cairan elektrolit yaitu cairan yang dapat menghantarkan arus listrik,meskipun sangat kecil dan proses ini akan menyebabkan keadaan aktif yang akan mengaktifkan relay 9. Dimana pada saat relay 9 aktif motor akan menarik penutup dan setelah penutup ditarik ke pangkal ujung maka motor akan berhenti secara otomatis. Hal ini terjadi karena pada saat penutup berada di pangkal ujung magnet akan mengenai sensor magnet yang ada di pangkal ujung yang kemudian akan mengaktifkan relay 12 sehingga arus yang mengalir ke motor akan terhenti.
Pada saat hujan berhenti dan proses elektrolisasi berhenti, maka keadaan akan menjadi pasif dan relay 9 pun akan kembali pasif sementara relay 12 dalam keadaan aktif, kemudian motor akan menarik penutup ke arah sebaliknya, sehingga menjadi terbuka kembali. Pada saat penutup meninggalkan pangkal ujung magnet yang ada pada penarik akan menjauh dari sensor yang berada di pangkal ujung atau 12 sehingga sensor magnet kembali pasif dan relay 12 pun akan pasif. Pada saat penutup sudah tiba di pangkal awal, maka magnet akan kembali mendekat ke sensor magnet yang ada pada pangkal awal, sehingga relay 11 akan aktif dan motor akan berhenti bergerak.
bagi anda yang berminat atau memerlukan penjelasan lebih lanjut atau anda ingin mengetahui tentang peralan - peralatan yang berbasis sensor dan aktuator atau mikrokontroler silakan anda kirim email ke cengfarid@gmail.com atau mungkin anda ingin memesan alat yang telah jadi. dengan senang hati saya akan membantu.

Aplikasi sensor hujan yang saya buat di rumah pada atap sliding roof :





Tags. sensor hujan | rain sensor | sensor | water sensor | sensor air

10 komentar:

Muhammad Afif mengatakan...

Boleh beri maklumat lebih lanjut tak tentang litar sensor hujan ni...

Need this for my project.

Emelkan ke sini
muhd_afif@yahoo.com.my

fyan nesta mengatakan...

gan,, ane mo nanya soal harga sensor hujan dan sensor magnet..
kira-kira kisaran harga berapa ya..??

trus kalo mo pesen caranya gimana..??

kirim k e_mail ane gan..
fyean_zhu@rocketmail.com

ane tunggu ya gan..
mksh

AshKosuke mengatakan...

sy warga malaysia..ingin tahu bangat secara detail tentang sensor hujan nie dengan pembuatan pergerakan mekanikal nyew sekali..+litar elektronik dan berapa penggunaan relay??cmner na mengaktifkan pergerakan mekanikal tersebut kerana setahu saya dengan penngunaan voltan yg kecil xkan boleh menggerakkan mekanikal,selalu laluan arus relay akan melalui gear terlebih dahulu untuk menggerakkan penutup hujan terbabit kerana xcukup kuat dengan bekalan kuasa yg sedikit..mohon bantuan..emailkan saya di bigshow5597@gmail.com


follow me on blogspot
dajohns.blogspot.com

Ravi Anang mengatakan...

mas alat jemuranya sudah diciptakan ?

Ravi Anang mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
nonama mengatakan...

keren.. hihi

nonama mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Boleh saya tahu penggerak atap itu pakek mikrokontroler juga?

Unknown mengatakan...

Mohon jawab. Saya butuh buat tugas kuliah yg susah

Adinda Panca mengatakan...

Excellent) Good Article